Virtual One Day Training Penyuluhan Sosial

Virtual One Day Training Penyuluhan Sosial
Halo sahabat Penyuluh,


Hari ini, Kamis, 22 April 2021, Badan Pendidikan Penelitian dan Penyuluhan Sosial (Badiklitpensos) Kementerian Sosial RI, cq. Pusat Penyuluhan Sosial (Puspensos), menyelenggarakan kegiatan Virtual One Day Training (VODT), yang merupakan kegiatan berkonsep pengembangan kapasitas (capacity building) bagi SDM Penyuluh Sosial, baik Penyuluh Sosial Fungsional maupun Penyuluh Sosial Masyarakat (Pensosmas).
-
Materi yang diangkat kali ini berjudul : Kreatif Dalam Mengelola Motivasi Penyuluh Sosial di Masa Pandemi Covid 19, disampaikan oleh DR. Rizaldi Putra, MBA, seorang Motivator, Trainer dan Konsultan. 
-
Acara ini dibuka oleh Shahabuddin, Kepala Badiklitpensos, yang dalam arahannya berpesan bahwa, bilamana ingin maju dan berubah, maka Capacity Building menjadi suatu keniscayaan termasuk juga  SDM Kesos. Badiklitpensos melalui Puspensos akan selalu siap menfasilitasi kegiatan kegiatan pengembangan kapasitas bagi para Penyuluh sosial, oleh karenanya pada setiap kegiatan VODT seperti ini benar benar dapat diikuti dan dimanfaatkan oleh para Penyuluh sosial.
-
Keren habiss...!!! Sepertinya kata itu yang tepat diucapkan... Materi yang diberikan oleh narasumber dan penyampaiannyapun benar benar menarik dan memukau. Benar benar mampu mensugesti dan memotivasi para partisipan yang notabene adalah para Penyuluh Sosial, yang diharapkan nantinya akan melaksanakan motivasi tersebut untuk memotivasi masyarakat atau orang lain utamanya di tempat tugas masing masing, terlebih lagi di masa pendemi Covid 19 ini. Terbukti sebanyak 400 lebih partisipan yang hadir tetap setia mengikuti sejak dimulai jam 09.00 WIB hingga akhir acara jam 12.30 WIB
-
Banyak PR penting yang harus dipahami dan  ditindak lanjuti oleh para Penyuluh Sosial. Diantaranya  dalam pelaksanaan tugas , seorang Penyuluh Sosial adalah juga seorang motivator, sehingga harus memiliki kemampuan dan ketrampilan memotivasi, berkomunikasi dengan baik, bekerjasama dalam tim yang solid (super tim), melek digital, dan memiliki pola presentasi yang benar benar menarik.
-
Dan yang lebih penting lagi adalah kita mesti merubah mindset, yakni senantiasa berfikir positif,  memiliki karakter yang berkualitas dan yakin untuk mencapai hidup yang sukses, maka setiap hari diharapkan kita mengawalinya dengan senyum yang manis.
-
Diakhir materi narasumber kembali berharap agar peserta yang hadir dapat menindaklanjuti motivasi diri yang diterima untuk diteruskan kepada orang lain, ditegaskan bahwa nyatanya Motivator Terbaik yang mampu memotivasi dengan baik diri kita adalah Diri Kita Sendiri..

#puspensos
#badiklitpensos

Bagikan :