Social Distancing : Menjauhkan Fisik Mendekatkan Hati

Social Distancing : Menjauhkan Fisik Mendekatkan Hati

Wabah covid 19 yang tengah melanda sebagian dunia, mengharuskan masyarakat untuk melakukan social distancingSocial distancing adalah upaya mengurangi kontak jarak dekat dengan banyak orang. Tindakan ini dianggap sebagai kunci sukses pengendalian pandemi covid 19.

Social distancing yang sekarang dikerucutkan menjadi physical distancing mengharuskan individu untuk menjaga jarak satu sama lain, menghindari kerumunan, tidak melakukan aktivitas yang melibatkan banyak orang, dan tidak melakukan kegiatan ke tempat umum bagi mereka yang tidak berkepentingan. Hal ini diharapkan menjadi usaha efektif mencegah penularan covid 19, mengingat salah satu cara penularan covid 19 adalah melalui droplet atau cairan yang bisa timbul tatkala orang bersin, batuk, atau bahkan berbicara yang berpotensi terjadi jika jarak kita berdekatkan.

Perlu diketahui, wabah covid 19 ini memaksa orang untuk menjaga jarak dan menjauhkan diri secara fisik, tapi tidak secara hati. Wabah covid 19 ini justru memberikan hikmah bagi masyarakat sebagai mahluk sosial untuk mendekatkan satu sama lain secara hati. Terbukti dari banyaknya masyarakat baik perorangan, komunitas maupun lembaga yang melakukan aksi sosial berupa donasi dan dukungan  bagi masyarakat terkena dampak, tenaga medis dan profesi vital lainnya yang mengharuskan mereka untuk tetap bekerja. Dukungan juga diberikan dalam bentuk moril dan rasa empati  bagi para pasien covid 19 , keluarga, dan masyarakat. Di era teknologi dan internet sekarang, masyarakat juga bisa saling mengingatkan, memberi semangat dan dukungan untuk bahu membahu melawan virus corona ini, seperti juga yang banyak dilakukan public figure dalam akun sosial medianya.

Selalu ada hikmah dalam setiap wabah dan musibah. 

Oleh : Andri


Bagikan :