Penyuluh Sosial Masyarakat (Pensosmas) sebagai Simbol Hadirnya Pemerintah di Lingkungan Masyarakat

Penyuluh Sosial Masyarakat (Pensosmas) sebagai Simbol Hadirnya Pemerintah  di Lingkungan Masyarakat


 

Saat ini masyarakat tengah memasuki fase revolusi teknologi dan industri 4.0 dimana secara fundamental akan mengubah cara hidup, cara kerja, ataupun cara berinteraksi sosial satu sama lain. Tatanan kehidupan bermasyarakat pun akan mengalami perubahan besar baik dalam lingkup domestik maupun global. Demikian halnya dinamika permasalahan sosial yang juga menjadi semakin kompleks. Semakin meningkatnya permasalahan sosial di masyarakat dewasa ini membutuhkan kehadiran negara untuk mengatasi masalah tersebut. Adanya kegiatan penyuluhan sosial merupakan wujud nyata kehadiran negara dan kehadirannya menjadi penting untuk mengentaskan permasalahan sosial yang saat ini belum dapat teratasi sepenuhnya.

Para relawan penyuluh sosial masyarakat (Pensosmas) merupakan ujung tombak dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial. Keberadaan pensosmas ini diharapkan dapat bersinergi pada seluruh lapisan atau potensi-potensi sosial yang ada di daerah dan meningkatkan pembangunan di bidang kesejahteraan sosial. Ikut mendukung keberhasilan program nasional dalam pemenuhan kebutuhan dasar. Sekadar diketahui, pensosmas merupakan salah satu program dari Kemensos yang melibatkan sejumlah warga untuk menjadi sukarelawan. Pensosmas tersebar di setiap kecamatan di satu kabupaten terpilih dalam setiap Provinsi. Meski demikian program ini akan terus dikembangkan hingga ada di setiap Kabupaten.

Pensosmas merupakan penghubung antara Kementerian Sosial dengan masyarakat. Dengan kata lain, bisa dikatakan bahwa pensosmas merupakan perpanjangan tangan Kementerian Sosial, Dinas Sosial Provinsi/Kabupaten/Kota dalam menyampaikan program-program kesejahteraan sosial. Peran dan tugas penyuluhan sosial menjadi sangat strategis di tengah-tengah isu permasalahan sosial kontemporer yang kian berkembang di masayarakat. Sudah selayaknya penyuluh sosial masyarakat harus memahami betul apa yang menjadi peran dan tugasnya di lapangan sehingga bisa memiliki indikator keberhasilan yang terukur dan bisa dipertanggungjawabkan. Tugas mereka adalah menyosialisasikan serta memberikan penyuluhan terkait dengan progam Kementerian Sosial pada masyarakat di wilayah kerja mereka masing-masing.

Perkembangan zaman dewasa ini merupakan tantangan tersendiri bagi penyuluh sosial masyarakat (Pensosmas) dalam melaksanakan tugasnya di wilayah masing-masing sebagai bentuk hadirnya Pemerintah di tengah kehidupan masyarakat. Namun perlu kita sadari bersama, bahwa pembangunan kesejaheraan sosial membutuhkan kontribusi dari segala aspek, bukan hanya terletak pada program Pemerintah melalui keberadaan Pensosmas, melainkan dari masyarakat itu sendiri. Pembangunan atau penyelenggaraan kesejahteraan sosial perlu melibatkan unsur masyarakat. Demikian juga halnya dengan Program Penyuluhan Sosial yang diselenggarakan oleh pemerintah. Masyarakat dan Pemerintah harus bergandengan tangan dalam upaya mencegah dan menangani permasalahan sosial yang terjadi.

Keberadaan Penyuluh Sosial Masyarakat (Pensosmas) di Kota Bengkulu diharapkan dapat menampung dan menjembatani aspirasi masyarakat mulai dari tingkat Kelurahan hingga Kecamatan. Keberadaan Pensosmas merupakan sebuah langkah kebersamaan yang telah dibangun Dinas Sosial Provinsi Bengkulu dan masyarakat. Dengan keberadaan Pensosmas di tengah kehidupan masyarakat dapat menjadi bentuk hadirnya Pemerintah di daerah. Pensosmas memiliki tugas dan fungsi untuk mengkomunikasikan, menginformasikan dan mengedukasi masyarakat dalam berbagai permasalahan sosial yang terjadi di lingkungan masyarakat dan memberikan motivasi yang sifatnya membangun kepada para Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) agar mereka secara perlahan dapat terlepas dari predikat tersebut.

Oleh : Hanny Susanti 


Bagikan :