Pentingnya Penerapan Pola Asuh yang Tepat pada Anak Usia Dini

Pentingnya Penerapan Pola Asuh yang Tepat pada Anak Usia Dini

Setiap orang tua tentu saja memiliki keinginan yang sama, bisa menerapkan pola asuh anak usia dini yang terbaik untuk anaknya. Untuk menerapkan pola asuh anak usia dini yang tepat memang tidak ada sekolahnya. Oleh karena itu, orang tua perlu belajar terus menerus. Menjadi orang tua, sebagian dari kita tentu saja bekerja keras untuk bisa memenuhi kebutuhan anak. Namun tidak sedikit yang memilih menjalankan pola asuh anak usia dini dengan mengedepankan melatih anak untuk disiplin. Sementara yang lain, ada juga memberikan kebebasan dan membiarkan anak tumbuh melalui pengalaman pribadinya.

 

Pola asuh orang tua memiliki pengaruh yang besar terhadap perkembangan moral anak ketika dewasa. Sayangnya, banyak sekali orang tua yang tidak sadar dengan tindakan yang mereka lakukan kepada si kecil. Banyak dari para orang tua yang menerapkan pola asuh salah karena berpatokan pada pengalaman masa lalu yang pernah mereka rasakan. Pola asuh orang tua pada dasarnya ada 3 macam, yaitu pola asuh demokratis, otoriter dan permisif. Di antara ketiga itu, pola pengasuhan otoriterlah yang dampaknya sangat berisiko bagi anak. Karena pola asuh otoriter cenderung menetapkan standar yang mutlak harus dituruti, biasanya disertakan dengan ancaman-ancaman. Seperti anak harus mematuhi peraturan-peraturan orang tua dan tidak boleh membantah.

 

Pola asuh merupakan sikap orang tua dalam berinteraksi dengan anak-anaknya. Sekarang ini telah banyak orang tua yang menerapkan beberapa pola asuh yang berbeda-beda kepada anak mereka. Mulai dari yang disiplin hingga yang memanjakan anaknya. Namun dibalik itu, semua pola asuh sangat penting dalam pembentukan sikap dan perilaku anak tersebut kelak. Salah satu pembentuk perilaku adalah pola asuk anak saat usia dini, karena akan berdampak di kehidupan masa depan apabila tidak diarahkan yang benar. Dimana perilaku ini akan pertama kali terbentuk dari lingkungan kelurga terutama orang tua. Anak usia dini merupakan tahapan usia yang paling menentukan bagaimana karakter, kepribadian, dan sikap anak di masa dewasa. 

 

Dalam membentuk perilaku anak terutama di usia dini, memiliki dampak secara psikologi dan sosial terhadap anak tersebut, karena anak pada usia dini biasanya memiliki rasa keingintahuan yang besar. Pada anak usia dini, mereka biasanya akan menirukan apa yang dilihat dan didengarnya.  Apabila anak melihat hal baik dan buruk dari orang tua kemungkinan besar akan ditirunya kelak. Karena pada kenyataanya beberapa anak memiliki perilaku buruk akibat dari didikan orang tua. Melihat yang tak pantas mereka lihat, mendengarkan apa yang tak pantas didengar dan masih banyak faktor lainnya. Anak usia dini juga biasanya akan menirukan cara bicara orang tuanya. 

 

Singkatnya, setiap keluarga tentu saja memiliki cara mereka sendiri dalam menerapkan pola asuh anak usia dini. Namun ada beberapa kesalahan yang kerap dilakukan orang tua pada anaknya. Tak mengherankan, jika mengingatnya akan timbul perasaan sesal dan ingin memperbaiki. Sebelum mencapai titik penyesalan ini, tidak ada salahnya jika kita harus mengetahui kesalahan yang sering dilakukan orang tua kepada anak, diantaranya jarang berbicara dengan anak-anak, lupa memberikan pelukan hangat, kurang memiliki dokumentasi foto atau video bersama anak, terlalu ketat pada anak, sering melewatkan momen penting dalam kehidupan anak, tidak mempertimbangkan pemikiran atau pendapat anak, dan tidak berusaha membuat anak bahagia.

 

Selain itu lingkungan sosial juga berpengaruh terhadap perilaku anak. Karena secara tidak langsung anak di usia dini juga akan bergaul dengan anak seusianya yang ada di lingkungannya. Orang tua juga perlu mengawasi pergaulan anak dengan teman maupun lingkungannya. Sebagai orang tua kita perlu menanamkan nilai spiritual tentang pendidikan agama dan bagaimana cara beribadah. Hal ini bertujuan agar nantinya sang anak menjadi pribadi yang taat kepada agama. Maka sudah selayaknya sebagai orang tua yang baik kita harus dapat menerapkan pola asuh yang akan membentuk pribadi anak yang baik mulai dari usia dini.

 

Oleh karena itu, pola asuh orang tua sangat berperan bagi anak usia dini, dimana orang tua mendidik anaknya dengan sangat baik mulai dari lingkungan internal keluarga. Konsep dan pola asuh orang tua untuk anaknya harus mempunyai jiwa yang bisa merawat, membantu, mendidik, membimbing dan melatih anak agar menjadi anak yang tumbuh kembang secara kreatif, baik dan patuh, bisa menjadikan anak merasa mempunyai tanggung jawab serta percaya diri dan dapat menerima pahit manisnya kehidupan ketika dewasa kelak. Untuk itu jadilah orang tua yang berpikiran positif, kreatif dan aktif dalam tumbuh kembang anak pada usia dini.

 

Oleh : Hanni Susanty, S.Pd

Penyuluh Sosial Pertama Dinas Sosial Provinsi Bengkulu

 


Bagikan :