Pengasuhan Anak di Daerah Miskin

Pengasuhan Anak di Daerah Miskin

Permasalahan sosial semakin kompleks baik secara kuantitas data penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS) di Kabupaten Bogor yang dari sisi jumlah presentase terkait dengan anak yakni sejumlah 12. 136 jiwa atau sekitar 71,75 % dari keseluruhan PMKS ( Sumber Dinastrakertrans Kabupaten Bogor).

Kita ketahui pengertian Balita Terlantar adalah seseorang anak berusia 5 tahun kebawah yang ditelantarkan orang tuanya, berada dikeluarga tidak mampu yang tidak memberikan pengasuhan, perawatan,pembinaan dan perlindungan bagi anak sehingga hak dasarnya semakin tidak terpenuhi serta anak di eksploitasi untuk tujuan tertentu. Sedangkan anak terlantar adalah seorang anak berusia 5 s/d 18 tahun yang mengalami perlakuan salah dan ditelantarkan oleh orang tua atau anak kehilangan hak asuh dari orang tuanya. 

Adapun permasalahan dalam pengasuhan anak karena orang tua kurangnya keahlian/keterampilan  dan  pengangguran. Sehingga cukup banyak dari keluarga mereka anak mengalami putus sekolah, orang tua dalam mendidik anak dengan tindak kekerasan dan banyak jumlah anak dalam satu keluarga, faktor lingkungan sekitarnya rumah petak dan berdempetan karena berada di lingkungan industry pabrik, dan mata pencarian sebagai buruh dan pekerja informal.

Solusi nya adalah peran penyuluhan sosial dalam melakukan penyuluhan yang dilakukan bersifat partisipatif sesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan warga tersebut.Sehingga diperlukan penyuluhan yang sarat edukasi dalam pengasuhan anak yang baik dan benar. Dimana dalam pola pengasuhan dan pendidikan anak bisa dikatakan merupakan masalah hampir  semua orang tua yang memiliki anak terutama bagi orang tua dengan berpendidikan rendah seperti tamatan SD, SLTP . Penyuluh sosial mengatasi ketimpangan / kesenjangan yang ada berupa motivasi menjadi orang tua yang lebih baik terutama disisi kelekatan dan pola pengasuhan anak. Kegiatan yang dirasa tepat untuk memberikan edukasi dan motivasi semacam itu adalah penyuluhan sosial secara langsung. Dengan membekali para orang tua dengan pola pengasuhan anak yang baik dan agar mereka sadar untuk mengubah cara mendidik anak .

Penyuluh sosial menyampaikan pesan dan materi yang dilaksanakan melalui :

·       Mengasuh  dan mendidik anak dengan penuh kasih sayang tanpa kekerasan

·       Membangun kedekatan antara orang tua dan anak

·       Orang tua sebagai role model (menjadi contoh, selaras antara perkataan dan perbuatan)

·       Pelibatan ayah dalam pengasuhan

·       Menghindari pertengkaran di depan anak 

 

Penulis :

Deny Ihdaniyati


Bagikan :