Ketika Verifikasi Dan Validasi Dtks Mulai Dilaksanakan Dan Merebaknya Virus Corona (Covid-19)

Ketika Verifikasi Dan Validasi Dtks Mulai Dilaksanakan Dan Merebaknya Virus Corona (Covid-19)

Tahun anggaran 2020 Dinas Sosial sudah merencanakan pelaksanaan Verifikasi dan Validasi Basis Data Terpadu (BDT) menuju Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Basis Data Terpada yang ada di  Kabupaten Lahat berjumlah 39.403, data ini akan diverifikasi dan di validasi agar diketahui data yang sebenarnya karena dari BDT ini terdapat selisih jumlah terhadap data penerima Beras Sejahtera bulan Januari sd. Mei 2019 berjumlah 23.811 keluarga, belum lagi penerima PKH. Oleh karena BDT ini segera perlu dilaksanakan dengan berdasarkan Permensos Nomor 5 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial dan Permensos Nomor 11 Tahun 2019 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Sosial Nomor 5 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

 

Langkah-langkah pelaksanaan verikasi dan validasi DTKS tahun 2020 dilaksanakan mulai dengan berkonsultasi ke Pusat Data dan Informasi (PUSDATIN) di Kementerian Sosial RI, konsultasi dengan Kabupaten Muara Enim yang telah melaksanakan verifikasi dan validasi, menyiapkan semua administrasi yang diperlukan untuk pelaksanaan bimtek, sosialisasi di 24 kecamatan, Pada saat yang bersamaan Kabupaten Lahat termasuk dalam salah satu kabupaten yang belum melaksanaakan pendataan dari 32 kabupaten/kota di Indonesia sehingga Kabupaten Lahat mendapatkan teguran dari Menteri Dalam Negeri.

 

Sebagai mengawali pelaksanaan verifikasi dan validasi DTKS di Kabupaten Lahat, Pemerintah Daerah Lahat pada tangal 18 Maret 2020 mengadakan rapat bersama dengan semua instansi terkait seperti Bappeda, Pemdes, Dinas Dukcapil, BPKAD, bagian Tata Pemerintahan dan hadir 24 camat, 17 Lurah, 24 ketua forum kepala desa, rapat langsung dipimpin oleh Sekretrais Daerah Lahat. Langkah awal ini bertujuan memberikan informasi-informasi tentang tahapan-tahapan pelaksanaan verifikasi dan validasi DTKS di Kabupaten Lahat. Tapap selanjutnya telah terjadwal tanggal 1 sd. 3 April 2020 adalah bimbingan teknis bagi petugas verifikasi dan validasi di kecamatan dan dilanjutkan sosialisasi di 6 zona kecamatan dari 24 kecamatan setelah itu pelaksanaan verifikasi dan validasi DTKS sesuai pedoman yang ada.            

 

Manusia hanya bisa berencana, semua yang telah diatur dan direncanakan oleh Dinas Sosial Kabupaten Lahat ternyata tidak bisa dilaksanakan akibat ada himbauan baik dari pusat, provinsi maupun Pemerintah Daerah Lahat berupa larangan berkumpul terkait merebaknya virus corona/covid-19. Semua kegiatan untuk sementara dihentikan yang tidak diketahui kapan virus corona ini akan berakhir.

 

Pemerintah Kabupaten Lahat berharap angka kemiskinan segera diketahui sehingga data  bisa menjadi dasar dalam mengambil kebijakan, karena kabupaten pada saat ini menjadi salah satu kabupaten yang ada di Provinsi Sumatera Selatan pada peringkat tiga kemiskinan tertinggi. Pelaksanaan verifikasi dan validasi menjadi sebuah harapan bagi Kabupaten Lahat. Keterlibatan hampir semua unsur seperti dari OPD hingga jajaran terbawah  RT/RW, Lurah, Kepala Dusun, Kepala Desa dan Badan Permusyawaratan Desa menjadi sangat penting. Keterlibatan unsur-unsur tersebut memberikan peluang wujud keterbukaan informasi publik khususnya pada hasil data yang obyektif by name by addres dan Nomer Induk Kependudukan (NIK).

 

Ketika tahapan-tahapan verifikasi dan validasi DTS mulai dilaksanakan di Kabupaten Lahat tahun 2020 ini, ternyata tertunda karena merebaknya wabah virus corona tentu akan menjadi bahan renungan dan pemikiran bahwa jika virus ini sudah dinyatakan tidak ada lagi tugas dan rencana verifikasi dan validasi tetap akan dilaksanakan dan justru akan menjadi referensi pelaksanaannya.

 

Kita semua berharap khususnya Dinas Sosial Kabupaten Lahat sebagai OPD yang akan melaksanakan verifikasi dan validasi DTKS, bahwa dengan tertundanya ini,  camat, lurah, kades, BPD dan Potensi Sumber Kesejahteraan Sosial (PSKS) termasuk masyarakat  yang sudah menerima informasi pelaksanaan verifikasi dan validasi DTKS bisa memaklumi kondisi ini. Mudah-mudahan wabah virus corona ini akan segera berakhir dan aktivitas pulih kembali sesuai dengan rencana yang telah tersusun.

 

 

 

 

Oleh :

Penyuluh Sosial Muda

Dinas Sosial Kabupaten Lahat


Bagikan :