Dampak Sosial Bagi Anak Yang Menonton Film Kekerasan

Dampak Sosial Bagi Anak Yang  Menonton Film Kekerasan

Anak terlahir dari rahim seorang Ibu bagaikan kertas putih tanpa dosa dimana sebagai orang tua yang melahirkan, menyayangi dan mengasihi dalam proses mengasuh anak dari lahir hingga dewasa sehingga anak dalam proses perkembangan orang tua dan pengasuhan bisa memperhatikan,  mengawasi dan menyayanginya. Namun kenyataannya dalam masyarakat kurang pemahaman dalam mendidik, monitoring hingga pengawasan anak yang baik.

Dalam pemberitaan terkini yang mengejutkan banyak orang adalah seorang anak masih berusia 15 tahun berinisial (N),pelaku pembunuhan bocah berusia 5 tahun di Sawah besar. Kasus ini baru terungkap setelah pelaku melaporkan sendiri pembunuhan korban ke Polsek Taman sari pada Jumat. Pelaku mengaku telah membunuh korban yang juga tetangganya. Jenazah korban disimpan di dalam lemari dari kamar pelaku.

Ternyata dibalik pelaku (N) mengaku membunuh korban karena terinspirasi film film horror sering (N) menonton film horror  “Chucky” dia senang menonton film horror yang sudah menjadi hobinya. Kita ketahui Film Chucky adalah bergenre horror menggambarkan karakter boneka  mainan anak chucky yang hidup dan membunuh.

Dampak dari anak karena menonton tayangan tersebut bukanlah faktor tunggal, bisa saja ada faktor yang memicu perilakunya, sehingga perlu pengawasan orang tua , karena anak adalah peniru ulung apa yang dilihat langsung di lingkungannya atau dia lihat melalui tayangan di televisi dan film. Terkadang orang tua jaman sekarang sibuk bekerja di luar, dan anak tidak ada pengawasan sehingga bebas melakukan kegiatan tersebut.

Dampak dari bebasnya teknologi di era digital di dunia membuat tidak semuanya siap menerima dampak negatif seperti dalam android gawai yang semua menu ada disana dan bebas untuk memilihnya, film film di youtube , permaian games online dimana anak anak sudah banyak tergantung dan asyik bermain gawai, sehingga tidak terkontrol disiplin waktu untuk bersosialisasi dan belajar, kegiatan sehari hari, karena permainan games online lebih menyenangkan sampai berjam jam. Sehingga orang tua yang berada di lingkungan utama dalam rumah bisa membuat pengawasan dan monitoring sehingga dapat dikontrol ke hal hal yang positif. Pesan penyuluhannya adalah Jagalah anak anak kita dari perilaku perilaku yang menyimpang dan perlunya pengawasan orang tua dalam menonton film film dan permainan games yang ada di gawai/handphone  dan dilihat dari umur anak tersebut karena dampak pengaruh sosialnya menjadi permasalahan pada anak tersebut sampai melakukan kejahatan kriminal. 

   

 Penulis : Deny Ihdaniyati,MSi


Bagikan :